Wagub Banten Dorong Karang Taruna Berdayakan Ekonomi Wilayah

Default Social Share Image

LEBAKSebagai organisasi sosial, Karang Taruna yaitu mitra strategis pemerintah kawasan. Terlebih di masa pandemi Covid-19 mirip ketika ini. Demikian ungkap Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy ketika menghadiri Pelantikan Pengurus Karang Taruna (KT) Kabupaten Lebak Periode 2020-2025 dengan Ketua Kuncoro Addakiri oleh Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya di Pendopo Bupati Lebak, Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Kamis (26/11/2020).

“Karang Taruna sebagai organisasi sosial dengan keanggotaan didominasi oleh generasi muda mempunyai kesempatanbesar secara sumber daya insan untuk membantu pemerintah dalam upaya mensejahterakan warganya,” Kata Andika Hazrumy.

Menurut Wagub, eksistensi organisasi pemuda seperti Karang Taruna juga berperan penting dalam kondisi dikala pandemi kini ini dan bersama-sama dalam melawan virus corona. Pemuda Karang Taruna diperlukan menjadi pelopor dalam memperlihatkan edukasi kepada penduduk terhadap pentingnya dalam menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga :  Saat Pasangan Sedih, Hindari Melakukan Hal Ini Kepadanya

“Generasi muda di Karang Taruna adalah pihak yang paling potensial ikut menolong pemerintah mensosialisasikan protokol kesehatan, alasannya adalah Karang Taruna ada sampai level paling bawah di masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, Wagub juga mengajak Karang Taruna agar memiliki penemuan dalam membantu pemerintah kawasan dalam mencarikan penyelesaian terhadap problem yang dihadapi seperti efek ekonomi saat inj akhir pandemi.

“Dampak ekonomi yang dialami warga di era pandemi ini bisa dibantu dengan Karang Taruna melaksanakan pemberdayaan ekonomi di wilayahnya masing-masing,” imbunya.

Sementara, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya juga mengakui bahwa pihaknya memerlukan sumbangan dari Karang Taruuna, baik secara umum menyangkut upaya mensejahterakan warga maupun secara khusus menyangkut dampak pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Di Ruang Radiologi Rsud Dr Adjidarmo

“Seperti dikenali masih banyak kantong-kantong kemiskinan di Kabupaten Lebak yang menanti uluran tangan rekan-rekan Karang Taruna sebagai organisasi sosial,” kata Iti.

Sebagai informasi, Kuncoro Addakiri terpilih secara aklamasi oleh 21 Karang Taruna yang ada di berbagai Kecamatan di Lebak. Terpilihnya Addakiri dituangkan dalam Berita Acara Nomor : 004/BA/KT-Lebak/X/2020 wacana Penetapan Hasil Karya Daerah Karang Taruna Kabupaten Lebak masa 2020 – 2025.

(Red)