Kabar Pandeglang Online
Portal Berita PAndeglang Terkini & Terupdate

Wangsit Pokok Siput Bukanlah Binatang Lemah

294

KABARPANDEGLANG.COM – Siput merupakan binatang avertebrata. Hewan avertebrata merupakan binatang yang tidak mempunyai tulang belakang. Siput mampu dite mukan pada aneka macam lingkungan yang berbeda: dari parit hingga gurun. Sebagian besar spesies siput adalah hewan bahari.

Banyak juga yang hidup di darat, air tawar, bahkan air payau. Kebanyakan siput merupakan herbivora, walaupun beberapa spesies yang hidup di darat dan laut mampu merupakan omnivora atau karnivora predator.

Beberapa teladan siput yaitu bekicot , siput kebun, siput bahari  dan siput air tawar. Siput bukanlah binatang yang lemah. Siput adalah binatang istimewa yang memiliki banyak kelebihan. Siput diciptakan Tuhan dengan kekurangan sekaligus dengan kelebihan.

Begitu juga dengan insan, diciptakan Tuhan dengan kelebihan dan kekurangan. Oleh alasannya adalah itu kita dihentikan menyombongkan iri dengan kelebihan yang kita miliki.

Kamu juga jangan minder jikalau kau kekurangan. Seperti dalam bacaan di bawah ini.

Paragraf Ide Pokok Kalimat Penegmbang
1. Siput, berdasarkan sebagian orang dianggap sebagai
hewan yang lamban dan menjijikkan.
Bahkan alasannya gerakannya yang lamban, tidak jarang orang membanding-bandingkannya dengan kelinci. Siput juga dianggap menjijikan alasannya tubuhnya yang penuh lendir
2. Sebenarnya siput
memiliki kelebihan dan keistimewaan.
Kelebihan dan keistimewaan siput ini merupakan karunia Tuhan yang tidak dimiliki oleh hewan-binatang lain. Apa saja kelebihan dan keistimewaan tersebut?
3. Siput merupakan
hewan yang berjasa dalam penguraian
belahan daun-daunan.
Kenapa berjasa? Karena siput memakan daun-daunan dan
menjadikannya bab-bab yang kecil (potongan) sehingga gampang untuk diuraikan oleh basil pengurai. Jika benda-benda yang besar seperti daun berkembang menjadi potongan dan diuraikan akan bermanfaat bagi kelestarian lingkungan sekitar siput berada. Hasil penguraian yang diawali oleh siput itu akan berfungsi menjadi pupuk alami sehingga tanah pun menjadi subur.
4. Siput ialah sang
pengembara yang mampu berdiri diatas kaki sendiri.
Meskipun siput berjalan lamban, namun siput mempunyai stamina yang sangat bagus. Daerah pengembaraan siput pun sangat luas. Pengembaraan siput dimulai sejak siput menetas. Setelah menetas, siput eksklusif mampu berdiri diatas kaki sendiri. Siput tidak lagi terikat dan bergantung pada induknya.
5. Siput mempunyai pertahanan diri yang baik dalam mengikuti keadaan dan juga dalam mempertahankan diri dari serangan predator. Meskipun tubuhnya lunak, namun tubuh siput memiliki lendir. Lendir ini berfungsi sebagai minyak pelumas dan pelindung bagi tubuhnya saat berjalan di permukaan. Jalan sekasar apa pun dan seterjal apa apun akan mudah dilalui tanpa tubuhnya terluka. Selain itu siput juga dikaruniaiTuhan dengan cangkang. Cangkang ini berfungsi sebagai rumah yang memperlihatkan kenyamanan dan keamanan bagi tubuhnya. Cangkang juga berfungsi sebagai kawasan persembunyian saat beliau terancam oleh lingkungan atau predator. Meski terik panas atau pun hujan, siput tetap bisa hidup nyaman dan aman dengan cangkangnya. Predator pun akan kebingungan untuk memangsa siput, alasannya tubuhnya terlindungi oleh cangkang yang keras.
6. Jadi, siput bukanlah binatang yang lemah.. Siput adalah hewan istimewa yang memiliki banyak kelebihan. Siput diciptakan Tuhan dengan kekurangan sekaligus dengan kelebihan. Begitu juga dengan insan, diciptakan Tuhan dengan kelebihan dan kekurangan. Oleh alasannya itu kamu dilarang menyombongkan iri dengan kelebihan yang kamu miliki. Kamu juga jangan minder jikalau kau kekurangan.
Baca Juga :  Perjuangan Ekonomi Yang Dikelola Sendiri Dan Kelompok

Ayo Berkreasi

Pada pembelajaran sebelumnya kamu telah mempelajari ragam gambar kisah atau gambaran. Dalam membuat gambar cerita kamu juga harus mengetahui corak gambar dongeng atau gambaran. Corak gambar kisah atau gambaran ialah sebagai berikut.

1. Realis

Realis merupakan gambar yang dibentuk mirip keadaan aslinya, baik bentuk, ukuran, dan tata letaknya. Contohnya seperti lukisan berjudul Kapal Dilanda Badai karya Raden Saleh.

2. Karikatur

Karikatur merupakan gambar yang melebih-lebihkan atau mengubah dari objek aslinya. Gambar karikatur menyajikan objek dengan huruf yang lucu dan abnormal. Biasanya gambar karikatur mengandung kritikan dan sindiran.

3. Kartun

Kartun merupakan gambar yang berfungsi untuk menghibur dan berisikan humor. Gambar kartun dapat berupa tokoh binatang atau manusia.

4. Dekoratif

Dekoratif yakni gambar yang disajikan dengan mengubah bentuk objek aslinya namun tanpa menghilangkan ciri-ciri khasnya.

Baca Juga :  Teks Laporan Percobaan Mengukur Sudut Dengan Satuan Tidak Baku

Nah, kini coba buatlah gambar ilustrasi mengenai cerita “Siput Bukanlah Hewan Lemah”.

 Hewan avertebrata merupakan hewan yang tidak memiliki tulang belakang Ide Pokok Siput Bukanlah Hewan Lemah

Siput bukan binatang yang lemah, namun mereka mempunyai kelebihan dan kekurangan seperti juga manusia.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More