4 Poin penting yang harus ada di proposal bisnis

4 Poin penting yang harus ada di proposal bisnis

4 Poin penting yang harus ada di proposal bisnis – Kamu sedang membuat proposal bisnis untuk memperoleh modal ? atau kamu sedang mencari seorang investor untuk memberikan modal ke bisnismu. Yah, memang dengan menyodorkan proposal ke pihak tertentu atau ke bank menjadi salah satu cara untuk kita memperoleh pendanan untuk bisnis kita.

Menghasilkan Banyak Uang di Rumah, ini 7 Kerja Sampingan Online  Menjanjikan! - BLOG - TOKODISTRIBUTOR

Apa itu Proposal Bisnis ?

Proposal Bisnis adalah dokumen yang berisi deskripsi bisnis kita beserta rencana-rencana pengembangannya. Proposal bisnis ini berbeda dengan proposal untuk kegiatan sosial atau acara kampus.

Baca Juga :  Jangan Mudah Menghakimi Masa Lalu Orang Lain, Siapa Tahu Allah Sudah Menerima Taubatnya

Dalam proposal bisnis harus dicantumkan tentang kondisi keuangan atau proyeksi untung dari bisnis yang akan dijalankan. Nah, maka dari itu proposal bisnis memang tidak bisa dibuat secara sembarangan.

Tim kali ini akan membantumu untuk membuat proposal yang baik. Maka dari itu ada beberapa poin yang perlu kamu perhatikan ketika membuat proposal. Simak catatan berikut.

1. Deskripsikan Bisnismu dengan Jelas

Pertama kamu harus mampu menjelaskan bisnismu dengan jelas. Gunakan bahasa yang mudah dipahami. Sebisa mungkin kamu bisa menjelaskannya dengan singkat. Tidak berbelit-belit. Kamu bisa juga menggunakan metode 5W 1H untuk menjelaskan seperti apa bisnismu.

2. Customer Target dan Jumlah Permintaan

Kamu juga harus menjelaskan dengan detail siapa yang selama ini menjadi pelangganmu. Jika bisnismu belum jalan maka kamu bisa mendeskripsikan detail seperti apa orang yang akan menjadi target marketmu.

Baca Juga :  Hai Calon Sarjana, Ini Lho 5 Alasan Kenapa Anda Harus Magang di Perusahaan Startup

Setelah itu kamu juga harus bisa memproyeksikan besarnya jumlah permintaan yang akan kamu peroleh dalam bisnismu. Kamu bisa mempelajarinya dan menentukan melalui data-data yang bisa kamu peroleh secara gratis.

3. Kondisi Keuangan Bisnis

Jika bisnismu sudah berjalan maka kamu harus menyertakan kondisi keuangan bisnismu saat ini. Sertakan laporan keuangan. Jika kamu belum ada catatan keuangn seperti neraca, atau laporan laba rugi. Kamu cukup menyertakan laporan keuangan tentang keluar masuknya uang ke dalam bisnismu.

Jika bisnismu belum jalan kamu bisa membuat proyeksi tentang keuangan bisnismu. Kamu bisa menuliskan tentang besarnya biaya yang sedang kamu butuhkan untuk operasional dan jangan lupa untuk menuliskan tentang besarnya pendapatan yang akan kamu peroleh dibisnismu nanti.

Baca Juga :  Hal Unik Tentang Motivasi kerja Millennial

4. Rencana Pengembangan

Ini hal penting juga. Kamu harus bisa membuat tentang rencana pengembangan bisnismu. Sertakan dengan durasi waktu yang jelas. Kapan akan melakukan produksi produk. Kapan akan bisnismu mulai ekspansi. Kebanyakan detail timeline ini berbentuk tabel.

Nah, itu tadi empat poin penting yang perlu kamu perhatikan dalam membuat proposal bisnis. Selamat mencoba.