Basarnas Banten Dapatkan Tulang Belakang Insan Saat Lanjutan Pencarian Korban Tertimbun Longsor Di Lebak

  • Bagikan
Default Social Share Image

LEBAKTim SAR Bencana Alam Basarnas Banten terdiri dari Tim Rescue KP&P Banten, SAR MTA, Rumah Zakat dan penduduk saat sedang melanjutkan pencarian 2 penambang tertimbun longsor di Cikatumburi, desa Citorek Sabrang, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak-Banten, menemukan tulang belakang manusia.

“Iya, dikala melakukan penelusuran korban tertimbun longsor tim SAR mendapatkan tulang belakang, sudah di penyelamatan ke puskesmas cibeber, dan pukul 01.00 wib dini hari d bawa ke rumah sakit adji darmo rangkas bitung,” kata Herdiansyah, Waka Satpol PP Kecamatan Cibeber melalui pesan elektronik, Minggu (13/12/2020).

Sementara itu Kepala Basarnas Banten, Muhammad Zaenal Arifin membenarkan, inovasi tulang belakang itu pertama kali ditemukan oleh seorang warga yang sedang memancing di sungai. Saat ini, ujar ia, tulang tersebut telah berada di Rumah Sakit Ajidarmo Rangkas Bitung.

Baca Juga :  Hanyut Terbawa Arus Sungai, Apud Santri Ponpes Daarul Ulum Masih Dalam Pencarian

“Awalnya tulang belakang itu dievakuasi ke Puskesmas Cibeber dan pukul 01.00 WIB dini hari dibawa rumah sakit Ajidarmo dan pada pukul 07.00 WIB. Tim SAR campuran koodinasi ke pihak rumah sakit,” ungkap Zaenal melalui siaran persnya.

Usai berkoordinasi dengan rumah sakit, berikutnya Tim SAR Gabungan melaksanakan penyisiran darat dari Desa Hegarmanah menuju arah hilir sungai sejauh 12 Kilometer.

“Tim SAR Gabungan melaksanakan istirahat dan kembali melaksanakan penelusuran sesuai planning operasi. Operasi tidak boleh sementara dengan hasil nihil atau korban belum ditemukan dan operasi akan dilanjutkan kembali esok hari,” terangnya.

Untuk dikenali, Tim SAR adonan masih mencari 2 penambang emas ilegal yang tertimbun longsor di Cikatumbiri, Desa Citorek Sabrang, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten.

Baca Juga :  Puluhan Sopir Bus Jalani Pemeriksaan Kesehatan Dan Test Urine, Ini Hasilnya

2 penambang yang masih dalam penelusuran Tim SAR tersebut, Rudi (37) warga Kampung Pasir Nangka, Desa Citorek Barat dan Mahmud ini (44) warga Kampung Pasir Nangka, Desa Citorek Sabrang Kecamatan Sobang.

Sementara 4 korban lain telah didapatkan dalam kondisi tak bernyawa, ialah Hana (42) warga Kampung Pasir Nangka Desa Citorek Sabrang, Ogan (30) warga Kampung Babakan Tipar Desa Majasari Kecamatan Citorek, Astura (45) Kampung Sukamaju Desa Citorek Sabrang, Yanto (30) warga Kampung Babakan Tipar Desa Majasari Kecamatan Sobang.

(Red)

  • Bagikan