Berlatih Memainkan Alat Musik Ritmis

  • Bagikan

KABARPANDEGLANG.COM – Alat musik ritmis yakni alat musik yang tidak dapat membunyikan nada-nada tertentu, melainkan hanya dimainkan sebagai pengiring irama dan pengatur tempo lagu. Alat musik ritmis disebut juga dengan alat musik tak bernada. Beberapa pola alat musik ini contohnya drum, marakas, simbal, tamborin, timpani, triangle, konga, timpani, kastanyet, rebana, tifa, dan kendang.

Dengan perkembangan seni musik dunia yang begitu pesat, pada kurun sekarang ini kita dapat menemukan aneka macam acuan alat musik ritmis. Adapun beragam contoh tersebut dapat kita kategorikan menjadi jenis alat musik tradisional dan jenis alat musik modern.

Secara umum, alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul, namun ada pula beberapa alat musik ritmis yang dimainkan dengan cara digesek dan dikocok (digoyangkan). Berikut ini beberapa teladan alat musik ritmis.

Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak dapat membunyikan nada Berlatih Memainkan Alat Musik Ritmis
  1. Marakas ialah alat musik ritmis sederhana yang mampu dibuat dari materi kayu. Kayu yang dipilih berbentuk bulat, lalu diisi dengan biji petai  cina kering. Cara memainkannya ialah dengan cara digoyang anatara tangan kanan dan kiri.
  2. Trianle yakni alat musik ritmis yang terbuat dari logam pipih yang berbentuk segitiga. Cara memainkannya adalah dengan cara dipukul menggunakan tongkat yang juga terbuat adri logam.
  3. Tamborin atau yang biasa disebut dengan kecrek. Pada bab sisinya terdapat logam berbentuk lingkaran. Cara memainkannya yakni dengan cara digoyang-goyang atau dipikulkan ke bab tubuh kita.
Baca Juga :  Menjelaskan Alat Gerak Dan Fungsinya Pada Insan

Musik Ansambel

Musik ansambel yakni bermain musik secara tolong-menolong dengan memakai beberapa alat musik dan kemudian memainkan lagu dengan aransemen yang sederhana.  Kata ansambel sendiri berasal dari Bahasa Perancis yang memiliki arti rombongan musik dan ansambel dalam kamus musik mempunyai definisi kelompok aktivitas musik. Musik Ansambel terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu :

  1. Musik Ansambel Sejenis. Musik ansambel sejenis yaitu salah satu bentuk penyajian musik ansambel dengan menggunakan alat-alat sejenis. Contohnya : ansambel  rekorder.
  2. Musik Ansambel Campuran Musik ansambel gabungan yaitu salah satu bentuk penyajian musik ansambel dengan memakai beberapa alat music. Contohnya : ansambel pianika, ansambel gitar, ansambel triangle, dll.

Berikut ini lagu Si Paku Gelang dari Sumatera Barat. Mainkan musik tersebut secara ansambel dengan alat musik triangle.

Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak dapat membunyikan nada Berlatih Memainkan Alat Musik Ritmis

Musik memang mengagumkan, tapi akan lebih mengagumkan lagi dikala kamu juga bisa memainkan salah satu alat musik . Entah itu piano, biola, harmonika, gitar atau alat musik tradisional mirip angklung, gamelan, dan kecapi. Mempelajari musik bukanlah suatu hal yang akan mampu kamu lakukan tanpa keseriusan dan ketekunan. Belajar musik menuntut konsentrasi, ketekunanmu dan keseriusan untuk benar-benar mampu menguasainya.

Baca Juga :  Matematika Kelas V Teknik Pengumpulan Data

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

  • Bagikan