Curug Dago Air Terjun Tersembunyi di Bandung, Peta Lokasi

oleh

KABARPANDEGLANG.COM – Curug Dago adalah salah satu wisata air terjun yang dapat ditemukan di Jawa Barat. Para pengunjung akan dimanjakan dengan air terjun dengan ketinggiannya mencapai 12 meter dengan airnya yang sangat deras, sedangkan lokasi air terjun tersebut berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut. Bentuknya seperti curug yang airnya mengalir dari sungai cikapundung dan maribaya sebelum mengalir ke Kota Bandung.

Tempat wisata di Bandung tersebut merupakan salah satu lokasi tersembunyi. Pasalnya letaknya ada di sebuah bukit. Taman wisata curug dago kini banyak dikunjungi para wisatawan. Apalagi di tempat ini terdapat berbagai cerita baik mitos, misteri, hingga sejarah yang menyusuri kawasan wisata tersebut.

Kawasan wisata curug dago tersebut kini sudah banyak perubahan. Kondisi sungainya sudah cukup bersih. Air sungai di kawasan air terjun ini berwarna coklat. Kawasan wisata alam ini dikelilingi pemukiman dan pabrik-pabrik yang membuang limbahnya di sungai. Meskipun begitu, di sekitar area tersebut masih menjadi incaran wisatawan untuk mengambil foto ketika berlibur di wisata alam ini.

Baca Juga :  Persiapan Wajib Menjelang Persalinan

Kabarnya, kawasan wisata alam Curug Dago tersebut dulu menjadi petilasan dari Raja Thailand yang berkunjung kewisata tersebut. Hal ini dapat dilihat dari adanya dua prasasti batu tulis bekas peninggalan sejarah saat raja Thailand menginjakkan kakinya di sini pada tahun 1818 Masehi dulu.        

Menurut penelitian para ahli sejarah. Kedua prasasti tersebut merupakan peninggalan dari Raja Chulan korn. Selain itu, ada juga prasasti raja Pradjathipok Pharaminthara saat memimpin dinasti chakri. Kedua raja tersebut ternyata pernah berkunjung kekawasan ini. Hal ini membuatnya punya nilai sejarah yang tinggi.

Di tempat wisata ini bisa menemukan berbagai fasilitas yang disediakan untuk pengunjung. Ada sebuah warung dan dua tempat istirahat yang disediakan masyarakat setempat. Selain itu, ada juga tempat duduk bagi para wisatawan yang ingin melihat keindahan dan suasana alam di sekitarnya. Fasilitas ini memang disediakan masyarakat sekitar.

Baca Juga :  JALUR PARIWISATA MEMPRIHATINKAN, WARGA DORONG MOBIL

Untuk penginapan seperti guest house, villa, resort, dan hotel juga bisaditemukan di sekitar kawasan wisata ini. Tentunya dengan berbagai fasilitas yang lengkap, seperti air panas dan sebagainya, sedangkan untuk restoran bisa berjalan keluar dari area taman wisata tersebut. Kini keindahan air terjung tersebut sudah cukup dikenal oleh para wisatawan.

Harga Tiket  Masuk dan Jam Buka Curug Dago Bandung

Untuk memasuki wisata ini, tidak akan dikenakan biaya apapun. Hanya saja mungkin dikenakan biaya parkir. Hal itu mungkin sangat terjangkau. Jam buka curug tersebut 24 jam setiap hari. Kalian bisa berkunjung ke air terjun ini dan menikmati kesegarannya.

Peta Lokasi Curug Dago Bandung

Bagi teman-teman yang ingin berkunjung ke wisata ini, kalian harus tau lokasinya lebih dulu. Lokasi air terjun ini berada di Jalan Dago Pojok, Dago, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat. Tempatnya berada di sekitar 8 km dari pusat kota Bandung, tepatnya sebelah utara dari pusat kota.

Baca Juga :  Liburan Bersama Keluarga ke Semarang? Jangan Lupakan Hal-hal Ini

Jika ingin menuju wisata ini, maka bisa melalui dua jalan alternatif yang dapat ditempuh dengan mudah yakni jalur terminal dago, dan melalui taman budaya ganesha dago. Kalian bisa berkunjung ke wisata ini menggunakan kendaraan pribadi. Apabila merasa kesulitan menemukannya, maka bisa melihat lokasinya di google maps pada ponsel.

Ingin tau air terjun tersembunyi Bandung, dating saja ke Curug Dago. Nikmati keindahan dan segarnya air terjun tersembunyi tersebut. Cek selengkapnya mengenai tempat wisata yang bisa kalian kunjungi dolanyok.com.

Tentang Penulis: Kabar Pandeglang

Gambar Gravatar
OWNER KABARPANDEGLANG.COM