Penerimaan Cpns Akan Di Buka Bulan Maret 2021 Sebanyak 1 Juta

Default Social Share Image

PANDEGLANGKabar mengembirakan untuk penduduk yang selama ini mengajukan pertanyaan-tanya ihwal pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2021 akan dibuka, gampang mudahan ini jadi kabar yang mengembirakan.

Setelah pendaftaran CPNS 2020 ditangguhkan sebab pandemi Covid-19, kali ini pemerintah dikabarkan akan kembali akan membuka registrasi CPNS 2021 pada bulan Maret 2021 mendatang.

Seperti yang disampaikan oleh Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo akan membuka CPNS tahun depan dengan jumlah kuota mencapai satu juta.

Dimana penerimaan CPNS 2021 merupakan salah satu srategi pemerintah untuk menyeimbangkan kondisi saat ini

Banyak deretan yang tersedia untuk lulusan S1 atau D4 dan juga tersedia deretan bagi lulusan Sekolah Menengan Atas dan D3.

Perlu dimengerti, terdapat syarat-syarat umum yang ditujukan ke seluruh pelamar seleksi CPNS 2021

Berikut tolok ukur pendaftaran CPNS 2021:

– Berusia 18-35 tahun dikala melamar

– Tidak pernah dipenjara karena tindak pidana selama 2 tahun atau lebih

– Tidak pernah diberhentikan selaku PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia atau anggota Polisi Republik Indonesia. Serta tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta

Baca Juga :  Banyak Ikan Terdampar Di Pantai Karoeng, Ternyata Dari Kapal Nelayan Yang Karam

– Bukan merupakan PNS, serdadu TNI dan anggota Polisi Republik Indonesia

– Bukan merupakan anggota partai, pengurus partai dan tidak terlibat dalam politik mudah. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan

– Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar bersedia ditempatkan di seluruh kawasan Indonesia atau negara lain yang diputuskan oleh instansi pemerintah

– Lulusan Perguruan Tinggi Dalam Negeri atau Perguruan Tinggi Luar Negeri dengan IPK sekurang-kurangnya2,75 untuk lulusan D3, 3,00 untuk S1 dan 3,20 untuk lulusan S2.

– Bagi lulusan Perguruan Tinggi Dalam Negeri, Perguruan Tinggi dan Program Studi telah terakreditasi dalam Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada dikala kelulusan

– Bagi lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri telah mendapatkan penetapan penyetaraan dari Panitia Penilaian Ijazah Luar Negeri pada Kementerian yang menyelenggarakan masalah pemerintahan di bidang pendidikan tinggi

– Menguasai Bahasa Inggris yang dibuktikan dengan hasil TOEFL/TOEFL – Preparation/TOEFL Prediction dalam 2 (dua) tahun terakhir dengan nilai minimal 450 (setara dengan Computer Based TOEFL minimal 133/Internet Based TOEFL sekurang-kurangnya45/ TOEIC sekurang-kurangnya405/IELTS sekurang-kurangnya5,5)

Baca Juga :  Tim Thoni-Imat Desak Kpu Pandeglang Lakukan Pemungutan Suara Ulang Di Seluruh Tps

-Bagi pelamar laki-laki dan perempuan tidak boleh memiliki tato dan bagi pelamar laki-laki tidak boleh mempunyai tindik indera pendengaran.

Sebelum mengikuti seleksi CPNS 2021, Anda harus menyanggupi syarat-syarat yang ditetapkan oleh panitia baik syarat umum maupun syarat khusus yang nantinya akan diumumkan oleh masing-masing kementerian/lembaga yang Anda pilih.

Lebih lanjut, Beberapa sektor gugusan pun menjadi prioritas yang paling dibutukan pada registrasi CPNS 2021, untuk pendaftar lulusan S1 atau D4 dan juga tersedia deretan bagi lulusan SMA dan D3.

Jika melihat dari tingginya angka stunting, akhir hayat ibu dan anak, serta wabah Covid-19.

Maka, sektor deretan yang menjadi prioritas paling diharapkan mencangkup diantaranya perawat, bidan, dokter lazim, dan dokter spesialis.

Selain di sektor stunting khusunya pada anak, rencananya penyuluh pertanian dan perairan juga menjadi deretan lain yang akan menjadi prioritas dan paling diharapkan.

Baca Juga :  Sekretaris Smsi Pandeglang Apt.Irwandi, Ajak Waratwan Jadi Pola Masyarakat Untuk Divaksin

Terkait deretan yang diharapkan pada registrasi CPNS 2021, hal tersebut selaras dengan yang disampaikan oleh Tjahjo Kumolo

“Penerimaan CPNS 2021, satu juta dahulu, kita akan menambah perawat, bidan dan dokter lazim, penyuluh pertanian dan perairan. Ini penting, alasannya adalah soal stunting yang masih sangat tinggi,” ucap Tjahjo Kumolo.

Lebih lanjut, Tjahjo Kumolo menuturkan bahwa penerimaan CPNS 2021 mendatang untuk deretan kesehatan khususnya di kawasan akan direformasikan dengan kebijakan presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai salah satu langkah menekan laju angka penyebaran Covid-19.

“Di era pandemi kami juga sudah merencanakan rekrutmen pada posisi tata cara yang ada, makanya saya telah sampaikan ke PT Taspen biar segera memproses pensiunan PNS,” ujarnya.

Nah itu beliau, tanggal dibuka dan gugusan yang paling dibutuhkan pada registrasi CPNS 2021 serta syarat yang harus dilengkapi.

“Bagi para peminat lulusan S1 atau D4 dan juga lulusan Sekolah Menengan Atas dan D3, terus pantau informasi terbaru seputar registrasi seleksi CPNS 2021 mendatang,supaya tidak terlalaikan,” terangnya.

(Red)