Cegah Tsunami, Ksb Dan Tagana Pandeglang Tanam Bibit Mangrove Di Pesisir Pantai

Default Social Share Image

PANDEGLANG, – Dalam upaya menangkal berbagai tragedi di Kabupaten Pandeglang terutama peristiwa tsunami, Kampung Siaga Bencana (KSB) dan Tagana Pandeglang akan melakukan gerakan tanam (Gertam) bibit mangrove di daerah pesisir pantai hal tersebut dikenali dikala Ketua KSB Pandeglang Beni Madsira melakukan konferensi dengan Bupati Pandeglang Irna Narulita di Pendopo, Senin (11/1/2021).

“Betul, kami akan melakukan agresi gerakan menanam pohon mangrove di kawasan pesisir pantai diantaranya kawasan pantai Kecamatan Labuan dan Carita, hal ini kami kerjakan selaku upaya menghemat kalau terjadi tragedi tsunami,“kata Beni

Lebih lanjut Ia menyampaikan adapun penanaman bibit pohon mangrove ini rencananya akan kami kerjakan pada bulan maret mendatang, dengan jumlah bibit pohon mangrove yang mau ditanam sebanyak lima ribu pohon dan ketika ini sudah kami pelihara.

Baca Juga :  Diandalkan Jadi Pelet Dan Pelaris Bisnis, Ini Asal-Undangan Bulu Perindu

“Penanaman bibit pohon mangrove ini merupakan program Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial, adapun teknis penanamanya ketika ini sedang kita diskusikan bersama Bupati Pandeglang terkait lokasi mana saja daerah pesisir pantai yang akan ditanami, sehingga kedepanya penanaman pohon mangrove ini bermanfaat dan bisa mencegah tragedi tsunami kalau suatu ketika terjadi,“ucap Beni.

Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita dalam peluang konferensi tersebut memberikan apresiasi terhadap semua pihak yang terlibat dalam kegiatan kemanusiaan.

“Tidak sembarang orang yang mau menjadi relawan, alasannya adalah jadi relawan itu memerlukan mental yang kuat dan sarat keiklasan dalam mengatasi aneka macam tragedi, baik tragedi tsunami, longsor, banjir dan tragedi lainya, “Pemkab Pandeglang sungguh mengapresiasi, berkat perjuangan para relawan dalam penanganan peristiwa Pemerintah sangat terbantu sekali,“kata Irna.

Baca Juga :  Polres Pandeglang Hadiri Harlah Nu Yang Ke – 95

Ia menambahkan rencana agresi gerakan tanam pohon mangrove di tempat pesisir pantai pastinya sangat bermanfaat untuk kelestarian alam dan keselamatan kita semua. “Oleh sebab itu Pemkab Pandeglang akan terus mendukung kegiatan, terlebih gerakan tanam pohon ini untuk keberlangsungan hidup manusia, “ujarnya. (Red)