Diterjang Angin Puting Beliung, 76 Rumah Di Pandeglang Rusak

Default Social Share Image

PANDEGLANG – Akibat diterjang angin puting beliung dibarengi hujan deras, 76 rumah di Kampung Leuwihoe, Desa Pasirloa, Kecamatan Sindangresmi, Kabupaten Pandeglang, mengalami kerusakan, pristiwa tersebut terjadi pada Kamis, (01/10/2020).

Kasi Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Pandeglang, Emil Salim menyampaikan, sebelumnya pihaknya sudah menerima laporan pada pukul 15.30 WIB. Kemudian, pihaknya langsung menerjunkan anggota ke lokasi.

Emil juga menyebutkan, sekurang-kurangnya ada 6 rumah yang mengalami rusak berat, 4 rumah rusak sedang dan 66 rumah rusak ringan. Akibatnya ada 79 KK yang terdampak peristiwa angin puting beliung tersebut.

“Rusak berat sekitar 6, yang rusak sedang itu 4, yang rusak ringan sekitar 66 total 76. Dari 76 itu ada 79 KK,”ujar Emil saat dijumpai di lokasi bencana, Jum’at (02/10/2020).

Baca Juga :  Dprd Pandeglang Segera Ajukan Peresmian Bupati Dan Wakil Kepada Mendagri Melalui Provinsi Banten

Dikatakan Emil, sejumlah rumah yang mengalami rusak berat ini ialah bangunan semi permanen yang terbuat dari bilik bambu dan atap rumbia.

“Rata – rata semi permanen yang dari bilik bambu dan atap rumbia, kalo lainnya (bangunan permanen -red) cuma gentengnya saja yang rusak,”kata Emil.

Sementara itu, Kepala Desa Pasirloa Imron Rosadi mengungkapkan, ketika ini pihaknya sudah menerima pinjaman logistik dari Pemerintah Daerah. Ia mengatakan, nantinya tunjangan tersebut akan segera disalurkan terhadap warga terdampak tragedi angin puting beliung tersebut.

“Alhamdulilah sumbangan sudah kami terima dalam bentuk logistik, dukungan logistik ini dari Provinsi sebanyak 50 paket, dari Kabupaten 80 paket. Tadi hadirnya sebelum waktu solat Jum’at,”tandasnya. (Red)

Baca Juga :  Sekretaris Smsi Pandeglang Apt.Irwandi, Ajak Waratwan Jadi Pola Masyarakat Untuk Divaksin