Mengenal Asal Usul Kabupaten Pandeglang dan Sejarah Terbentuknya

  • Bagikan
kode pos kabupaten pandeglang

KABARPANDEGLANG.COM – Pada kesempatan kali ini saya akan membahas¬† sedikit mengenai Asal mula sejarah terbentuknnya kabupaten pandeglang, kemungkinan pada tulisan pembahasan ini sedikit panjang menceritakan perjalanan asal usul kabupaten pandeglang hingga terbentuk menjadi sebuah daerah yang dinamakan dengan “Kabupaten Pandeglang“.

Pandeglang merupakan salah satu kabupaten yang terdapat di provinsi Banten, Ibukotanya adalah Pandeglang. Kabupaten ini terletak dibagian banten selatan berbatasan dengan Kabupaten Serang di utara, Kabupaten Lebak di Timur, serta Samudra Indonesia di barat dan selatan.

Wilayah Pandeglang juga mencakup Pulau Panaitan (di sebelah barat, dipisahkan dengan Selat Panaitan), serta sejumlah pulau-pulau kecil di Samudra Hindia, termasuk Pulau Deli dan Pulau Tinjil.

Semenanjung Ujung Kulon merupakan ujung paling barat Pulau Jawa, di mana terdapat suaka margasatwa tempat perlindungan hewan badak bercula satu yang kini hampir punah.

Pusat perekonomian Kabupaten Pandeglang terletak di dua kota yakni Kota Pandeglang dan Labuan. Sebagian besar wilayah Kabupaten Pandeglang merupakan dataran rendah dan dataran bergelombang.

  • Bagikan