Bayi Tengkurap, Proses Bayi Yang Tidak Boleh Terlewatkan.

  • Bagikan
Bayi Tengkurap, Proses Bayi Yang Tidak Boleh Terlewatkan.

Bayi Tengkurap, Proses Bayi Yang Tidak Boleh Terlewatkan.

Mama bisa memulainya dengan menelungkupkan bayi di dada atau paha Mama, sambil melakukan kontak kulit dengan si kecil untuk mempererat ikatan batin ibu dan anak.

Membiarkan bayi tengkurap saat tummy time sebaiknya dilakukan 2 sampai 3 kali sehari. Setiap sesinya berlangsung selama 3 sampai 5 menit saja, atau tergantung usia bayi.

Setelah si kecil terbiasa, Anda bisa melakukannya lebih sering atau dengan waktu yang lebih lama, yaitu sekitar 20 sampai 30 menit sehari. Lakukan tummy time saat kondisi bayi bangun tidur, tidak tampak mengantuk, dan tidak setelah makan.

Biasanya, ini dilakukan saat bayi baru lahir di umur 1 hingga 3 bulan serta bayi yang lebih tua yaitu 4 hingga 7 bulan. Namun, terus awasi saat berapa bulan bayi bisa tengkurap dan perhatikan gerak-gerik si kecil.

Baca Juga :  Tips Agar Bisnis Franchise Makanan Laris Manis

Berikut beberapa ulasan yang Mamalife rangkum.

Jika pertanyaan Anda adalah “berapa bulan bayi bisa tengkurap sendiri?”, maka jawabannya bisa jadi beragam. Beberapa bayi sudah mampu berguling dari posisi tidur menjadi tengkurap mulai dari usianya 3-4 bulan.
Meskipun demikian, tidak jarang, usia bayi bisa tengkurap beberapa di antaranya ketika memasuki umur 5 bulan. Tidak perlu khawatir karena itu adalah normal dan bukan tanda keterlambatan perkembangan motorik.

  • Bagikan