Kabar Pandeglang Online
Portal Berita PAndeglang Terkini & Terupdate

Inspirasi Pokok Teks Gerabah Dari Pulau Madura

37

KABARPANDEGLANG.COM – Sepanjang perjalanan menuju kawasan produksi gerabah, Lani sibuk mengamati sekelilingnya. Lani takjub melihat potensi alam yang ada di Madura. Lani juga begitu kagum akan orang-orangnya. Mereka pekerja keras.

Mereka juga berakal memanfaatkan potensi alam yang ada di sekitarnya. Mereka bekerja keras dari pagi hingga sore. Tak kenal lelah meski harus berkubang dengan tanah. Menggali dan mengumpulkan tanah liat untuk dijadikan bahan pembuatan gerabah.

Ayo Mengamati

Amatilah ilustrasi gambar pada halaman sebelumnya. Buatlah sebuah kisah menurut gambar-gambar tersebut. Namun, sebelumnya kau harus memilih ide pokok tiap-tiap paragrafnya terlebih dulu.

Ide Pokok:

Proses Pembuatan Gerabah
Sepanjang perjalanan menuju tempat produksi gerabah Ide Pokok Teks Gerabah dari Pulau Madura

Cerita Berdasarkan Gambar:

Proses pertama kita harus dilakukan saat akan menciptakan gerabah adalah menentukan tanah liat yang benar-benar cantik. Tanah liat yang sudah dipilih lalu disiram air dan didiamkan selama satu hari satu malam semoga tanah tersebut benar-benar lunak untuk mempermudah proses pengolahan.

Tanah yang sudah diolah tersebut kita bentuk bulat seperti bola lalu dimasukan kedalam mesin penggilingan tanah. Setelah tanah berputar di atas mesin bentuklah tanah menjadi bentuk yang kita inginkan. Hasil gerabah kemudian disimpan di tempat teduh biar kering dan tidak pecah. Setelah kering gerabah tersebut benar-benar siap untuk di bakar.

Baca Juga :  Nilai Nilai Yang Terkandung Dalam Sila Sila Pancasila

Ayo Membaca

Gerabah dari Pulau Madura
No. Paragraf Ide Pokok
1. Pertama Salah satu di antara warisan karya budaya yang sangat bau tanah, luas persebaranya, dan mampu bertahan sampai kini ialah gerabah, adalah barang pecah belah dari tanah bakar yang dibuat secara tradisional.
2. Kedua Pada situs-situs kebudayaan dan purbakala, banyak dijumpai gerabah atau tembikar yang difungsikan sebagai peralatan atau perkakas rumah tangga dan untuk keperluan peribadahan serta penguburan mayat.
3. Ketiga Tak terkecuali di Pulau Madura, gerabah dibentuk untuk difungsikan sebagai peralatan sehari-hari masyarakat setempat, yang dilakukan secara tradisional seperti apa yang dilakukan oleh para pendahulunya.
4. Keempat Gerabah-gerabah yang dihasilkan oleh para pengrajain di Madura yaitu gerabah yang dibuat dari tanah liat yang berwarna kuning dengan pasir halus.
5. Kelima Beberapa kawasan di Madura menjadi penghasil gerabah mirip di Mandala Andulyang, Duko Ru Baru, Yangkatan Kyangean, Baragung, Pademawa, Dalpenyang Pakaporan, Blega Byangkalan, dan lain-lain.
6. Keenam Memang tidak semua daerah di Madura menghasilkan gerabah.
7. Ketujuh Di antara kawasan-daerah penghasil gerabah tersebut ada semacam perjanjian kerja untuk menciptakan baryang-baryang yang sudah ditentukan secara turun temurun atau spesilaisasi.
8. Kedelapan Peralatan pengrajin gerabah Madura yaitu alat-alat tradisional yang tak jauh bedanya dengan yang sudah dipakai pada zaman prasejarah.
9. Kesembilan Adapun proses pembuatan gerabah dilakukan dengan tahapan-tahapan yang harus dilakukan secara berurutan.
10. Kesepuluh Keberadaan pengrajin gerabah di Madura ini telah banyak memperlihatkan manfaat, baik untuk pengrajin, pemakai maupun untuk masyarakat umum.
11. Kesebelas Meski gerabah masih tetap diproduksi, namun dalam perkembangannya dihadapkan pada produk-produk modern.
Baca Juga :  Proklamasi Sebagai Peristiwa Bersejarah Bangsa.

Ayo Berlatih

Kamu sudah mampu memilih ilham pokok dari sebuah bacaan, sekarang kembangkan wangsit-ide pokok berikut menjadi sebuah paragraf.

No. Ide Pokok Ide Pokok
1. Tanah liat banyak kegunaannya. Salah satu jenis tanah yang banyak memiliki manfaat ialah tanah liat. Selain sebagai media tanam bagi berbagai jenis flora, tanah liat juga mampu dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan gerabah.
2. Proses pembuatan gerabah dari tanah liat. Agar dapat menghasilkan gerabah, tanah liat haruslah melalui beberapa proses produksi terlebih dulu. Tanah liat dibuat gabungan dengan mencampur air kemudian diaduk dan dibolak-balik supaya lebih pekat dan lengket. Tujuannnya yakni untuk mengeluarkan udara dalam tanah, supaya gampang dibuat, dan karenanya tidak mudah retak. Setelah adonan tanah liat jadi, baru lalu masuk pada tahap pembentukan dengan menggunakan berbagai macam teknik dan alat. Hingga pada balasannya tanah liat yang sudah berbentuk tersebut dibakar dalam waktu dan suhu tertentu..
3. Macam-macam peralatan yang terbuat dari tanah liat. Banyak barang-barang di sekitar kita yang terbuat dari tanah liat. Seperti asbak, vas bunga, kendi, teko dan cangkir. Bahkan ada juga meja dan dingklik yang terbuat dari tanah liat. Barang-barang yang terbuat dari tanah liat mempunyai nilai seni dan keindahan tersendiri dibandingkan dengan barang-barang yang terbuat dari bahan lainnya.
Baca Juga :  Jenis Pantun Menurut Usia

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More