Mengenal Fadil, Usahawan Muda Jamur Tiram Dari Pandeglang Yang Memberi Inspirasi

  • Bagikan
Default Social Share Image

PANDEGLANG, – Fadil (22) warga Kampung Pari, Desa pari, Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang merupakan sosok inspiratif bagi kaum milenial untuk belajar menjadi seorang entrepreneur.

Pria kelulusan SMA Pasundan Pandeglang tahun 2012 silam ini, merintis perjuangan budidaya jamur tiram sejak satu tahun lalu. Meski usahanya tak selalu mulus, bahkan nyaris gulung tikar, namun Fadil tetap berupaya mempertahankan bisnisnya itu.

Saat ditemui di Kumbung (Saung) Jamur tiram yang tak jauh dari rumahnya, Fadil menceritakan perjalanan usaha budidaya jamur tiram yang ia rintis mulai dari nol. Ia menuturkan, sebelum mencoba usaha budidaya jamur tiram dirinya sempat bekerja sebagai mekanik di bengkel sepedah motor.

Baca Juga :  Lezatnya Belut Goreng Lunak Dan Ayam Bakakak Saung Djuragan MembuatNagih

Namun, sebab dorongan dari orangtuanya yang kegemaran bercocok tanam, Fadil didorong untuk mencoba usaha budidaya jamur tiram yang dinilai mempunyai kesempatan bisnis yang menjanjikan.

“Karena saya penduduknya tidak betah untuk di atur-atur layaknya pegawai. Jadi lebih senang menjadi wirausaha dan orang bau tanah menyarankan untuk menjajal jamur tiram. Awalnya saat pertama mulai perjuangan budidaya jamur tiram, Baglog (wadah tanam daerah menaruh bibit jamur) itu aku beli. Kaprikornus kita tinggal simpan di rak-rak kumbung jamur tiram. Tapi sekarang aku menjajal untuk menciptakan baglog sendiri,” tuturnya.

  • Bagikan