Pola Soal Koordinasi Ekonomi Dalam Islam Pilihan Ganda Dan Tanggapan

  • Bagikan
Pola Soal Koordinasi Ekonomi Dalam Islam Pilihan Ganda Dan Tanggapan

Contoh Soal Kerjasama Ekonomi dalam Islam Pilihan Ganda dan Jawaban – Secara harfiah, dalam Islam makna syirkah (kerjasama) memiliki arti al-ikhtilath (penggabungan atau percampuran). Percampuran di sini mempunyai pengertian pada seseorang yang mencampurkan hartanya dengan harta orang lain, sehingga mustahil untuk dibedakan.

Contoh Soal Kerjasama Ekonomi dalam Islam Pilihan Ganda dan Jawaban

Menurut perumpamaan, syirkah yaitu kerjasama antara dua orang atau lebih dalam hal permodalan, keterampilan, atau dogma dalam usaha tertentu dengan pembagian keuntungan berdasarkan akad bersama Dalam bisnis syariah, kerjasama (syirkah) yakni koordinasi dua orang atau lebih yang sepakat menggabungkan dua atau lebih kekuatan (aset modal, kemampuan dan tenaga) untuk dipakai sebagai modal usaha, misalnya jual beli, agroindustri, atau lainnya dengan tujuan
mencari laba :

Baca Juga :  Acuan Soal Membayar Zakat Opsi Ganda Dan Balasan

Adapun pengertian syirkah menurut para fukaha yaitu
sebagai berikut:

  • Menurut ulama Hanafiyah, syirkah yaitu janji antara dua orang yang berserikat pada pokok harta (modal) dan keuntungan.
  • Menurut ulama Malikiyah, syirkah yakni izin untuk bertindak secara hukum bagi dua orang yang berafiliasi terhadap harta mereka.
  • Menurut Hasby Ash-Shiddiqie, syirkah yakni akad yang berlaku antara dua orang atau lebih untuk saling tolong membantu dalam melakukan pekerjaan pada suatu perjuangan dan membagi keuntungannya.
  • Menurut ulama Syafiiyah, syirkah ialah tetapnya hak atas sebuah barang bagi dua orang atau lebih secara tolong-menolong.
  • Menurut ulama Hambali, syirkah yaitu berlakunya hak atas sesuatu bagi dua pihak atau lebih dengan tujuan persekutuan.
  • Bagikan

KABAR PANDEGLANG ONLINE